Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

IKLAN ANDA


    Membangun Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini

    Share
    avatar
    alia

    87
    18.09.11

    Membangun Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini

    Post  alia on Tue Jan 02, 2018 8:44 am


    "Ma, aku nggak mau ke sekolah"

    "Ma adek lagi malas belajar"

    Pernah tidak mendengarkan kata kata di atas diucapkan oleh anak anak kita? Pasti pernah yah. Saya pun juga demikian. Nah, apa yang semestinya orang tua atau pendidik lakukan jika anak tersebut berkata demikian?

    Nah kita bahas dulu perlakuan umum para orang tua tentang bagaimana cara menanggapi anak yang malas belajar.

    Pertama, orang tua yang terlalu memanjakan anaknya pasti akan membiarkan anaknya jika tidak mau belajar atau ke sekolah. Orang tua yang seperti ini akan membiarkan anaknya tidak pergi sekolah atau tidak belajar. Nah dengan perlakuan seperti ini, bagus nggak sih untuk anak? Nanti saya bahas yah, saya lanjut masalah umum yang kedua

    Kedua yaitu orang tua yang pemaksa. Tipe orang tua yang seperti ini pasti akan memaksa dan memarahi ananya jika tidak ke sekolah ataupun tidak mau, belajar. Sekali lagi bagus tidak untuk anak jika dipaksa?

    Masalah umun di atas sering sekali kita temui, bahkan tidak mendapat perhatian orang tua tentang hal demikian.

    Anak adalah manusia yang lugu, lembut, lemah dan suci. Anak tidak cocok untuk dimarahi atau bahkan terlalu dibiarkan semaunya saja. Sebagai orang tua haruslah menyeimbangkan antara ketegasan dan perhatiannya, jangan karena terlalu sayang anak apa apa di turuti, atau memarahi anak jika anak tidak mau menuruti apa maunya orang tua.

    Nah saran saya jika anak malas atau tidak ingin ke sekolah biarkan saja dulu, tapi ujung ujungnya nanti tetap ke sekolah, biarkan saja dulu rasa malas anak ke sekolah mengalir, jika anak sudah mulai tenang dan tidak memikirkan malas untuk ke sekolah lagi, pelan pelan bujuk anak dengan tegas namun tidak menunjukkan kemarahan. Seperti mengajak anak mandi terlebih dahulu dengan memberikan kesenangan anak, misal mandi dalam baskom, selanjutnya antar anak ke sekolah dengan mengajaknya bersenang senang.

    Tips selanjutnya berikan penghargaan anakyang, tapi kurangi memberikan penghargaan dengan memberikan sesuatu yabg berlebihan, seperti memberikan mainan atau membelikan jajan jika ingin ke sekolah, biasakan memberikan penghargaan melalui kata kata pujian kasih sayang. Misalnya "anakku ganteng yah kalau mau mandi, ayo mandi dan berangkat keke sekolah biar ganteng dan tambah pinter"

    Nah itulah dia tips untuk menumbuhkan motivasi anak dalam belajar.


      Waktu sekarang Sun Jun 24, 2018 6:19 pm