Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

IKLAN ANDA


    Makro - Menggunakan HP

    Share
    avatar
    y3hoo

    491
    16.01.09

    Makro - Menggunakan HP

    Post  y3hoo on Tue Jan 16, 2018 1:30 pm

    Teknik Fotografi Makro Menggunakan Kamera HP Murni Tanpa Lensa Tambahan

    Teknik Fotografi makro (macro) adalah teknik pengambilan foto objek yang berukuran kecil dengan jarak yang sangat dekat. Yang dimaksud objek disini bisa berupa benda-benda kecil, tanaman, bunga maupun hewan seperti serangga yang memang ukurannya relatif kecil dibandingkan manusia.

    Hasil dari foto makro ini akan memfokuskan objek sehingga background yang dihasilkan akan blur atau dikenal dengan sebutan foto bokeh. Awalnya teknik fotografi makro kebanyakan menggunakan kamera DSLR dengan lensa macronya, akan tetapi dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi sekarang fotografi makro bisa dihasilkan oleh kamera ponsel.

    Banyak kamera ponsel atau HP sekarang sudah memiliki fitur makro bawaan dari pabrikannya, terutama pada smartphone baik itu iPhone, windows phone maupun Android. Tapi tidak jarang orang yang belum memanfaatkan fitur kamera ini. Karena itu saya akan kasih tau bagaimana cara menggunakan fotografi makro dengan kamera HP ini tanpa edit tanpa lensa tambahan, murni dari kamera bawaan pabrik.


    pagi


    pagi

    Kedua foto diatas diambil dari kamera Smartphone Android Samsung galaxy GT-I8190 yang sudah ada fitur kamera makronya.

    Bagi yang mau mencobanya sendiri silahkan ikuti panduannya:

    Langkah 1

    Tentukan objek yang akan difoto, bisa bunga kecil atau serangga terserah yang penting ukurannya relatif kecil.

    Langkah 2

    Setting kamera :

    • Bersihkan terlebih dahulu kaca lensanya, bertujuan agar hasil foto jernih.

    • Aktifkan kamera pada smartphone anda dan buka pengaturannya.

    • Ganti Focus mode menjadi Macro. Kalau ternyata tidak ada berarti harus memakai lensa makro tambahan yang bisa anda beli, harganya murah dan modelnya simpel ada yang hanya ditempelkan saja dengan bantuan magnet ada juga model klip.

    • Ganti Metering/Pengukuran menjadi Spot (bintik) bertujuan agar cahaya berfocus ke objek saja. Kalau tidak ada abaikan saja.

    • Pakai resolusi tertinggi supaya jika hasil foto di crop tidak banyak noise/pecah, dan juga pakai kualitas super fine.



    Langkah 3

    Teknik pengambilan foto :

    • Pastikan cahaya lingkungan terang. Ini sangat penting, selain agar objek foto jelas juga meningkatkan kecepatan shutter jadi kalau kamera atau objek sedikit goyang maka hasil foto tidak kabur.

    • Fokuskan kamera pada objek dengan jarak yang sangat dekat. Caranya maju-mundurkan kamera untuk menentukan fokus yang tepat.

    • Sebaiknya kamera jangan sampai goyang, anda bisa menarik tahan nafas sampai mencet shutter atau menyandarkan siku tangan ke benda yang statis.

    • Pencet Shutter dan lihat hasilnya.


    Pencahayaan yang baik itu alami cahaya matahari dan lebih baik dilakukan pada saat pagi hari saat cuaca terang karena sifat cahaya masih soft. wrote:

    Teruslah belajar dan mencoba dengan berbagai objek yang menarik dari angle berbeda supaya anda bisa menentukan sendiri foto mana yang hasilnya paling bagus. Good luck!!!


    ~baniaka - linkireng



      Waktu sekarang Sun Jun 24, 2018 6:23 pm