Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

IKLAN ANDA


    Ini 5 Tata Cara Makan Gaya China yang Penting Ditaati

    Share
    avatar
    jakarta

    455
    23.04.10

    Ini 5 Tata Cara Makan Gaya China yang Penting Ditaati

    Post  jakarta on Tue Sep 11, 2018 11:37 am


    Etika makan sangat penting bagi orang China. Pemakaian alat makan hingga posisi duduk juga punya aturan dalam budaya China.

    Etika makan sudah menjadi bagian dari tradisi atau kebudayaan di suatu negara. Terkadang etika makan di suatu negara belum tentu cocok di negara lain. Demikian juga di China. Dilansir dari Next Shark (05/09) inilah 5 etika makan China yang umum berlaku.

    1. Membersihkan peralatan makan


    Biasanya pelayanan di Hong Kong ketika makan, akan disediakan semangkuk besar berisi air air teh sebelum memakan dim sum. Jangan sekali-sekali Anda meminum air tersebut, karena mangkuk berisi air tersebut untuk membilas sumpit, sendok, dan peralatan lainnya sebelum makan. Hal tersebut bukan bearti peralatan belum dicuci, tetapi itu adalah sebuah tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi.

    2. Mengetuk meja saat dihidangkan teh


    Meminum teh juga ada etikanya. Ketika teh mulai dituangkan ke dalam cangkir, biasanya yang dihidangkan mengetuk ringan di atas meja sebagai cara untuk menunjukkan rasa syukur.

    Konon kebiasaan ini berasal dari Dinasti Qing, dimana ketika Kaisar Qianlong pergi ke kedai teh untuk menyamar. Lalu, pemilik teh menuangkan teh untuk Kaisar dan temannya. Hal ini sudah menjadi tradisi bahwa mereka akan tunduk pada Kaisar, tetapi karena mereka sedang menyamar, maka mereka memutuskan untuk menyentuh jari mereka seolah-olah membungkuk dengan tangan mereka.

    3. Letakkan sumpit


    Saat Anda tidak sedang makan, pastikan Anda untuk meletakkan sumpit dengan rata. Jangan biarkan sumpit tersebut berdiri tegak atau masuk ke dalam makanan. Biasanya sumpit sering ditancapkan ke dalam semangkuk nasi. Di China itu sangat dilarang, karena hal tersebut dipercaya seperti dupa untuk orang meninggal. Selain itu juga tidak boleh menyilangkan sumpit menjadi huruf X, karena itu adalah simbol kematian.

    4. Mendahulukan yang lebih tua


    Di Indonesia sendiri, menghormati orang yang lebih tua itu sangat penting. Begitulah dalam budaya China. Hal tersebut juga berlaku ketika sedang makan bersama dalam satu meja makan, maka harus mendahulukan orang yang lebih tua untuk mengambil makanan terlebih dahulu. Atau menunggu orang tua untuk memerintahkan salah satu orang untuk memulai duluan.

    5. Berebut bon tagihan


    Dengan berebut bon tagihan itu sama saja menunjukkan bahwa Anda sangat murah hati dan baik hati. Itulah mengapa ketika bon datang, perdebatan kecil dapat terjadi. Tidak jarang anak-anak dapat menyaksikan orang tua mereka yang memperebutkan tagihan.


    ~food.detik.com


      Waktu sekarang Mon Oct 22, 2018 5:45 am